Buton Tengah
03-09-2017  21:46
Pemda Buteng Tidak Bisa Berkurban Tahun Ini
Penyembelihan hewan kurban di Masjid Al-Ikhsan Kelurahan Watulea Kecamatan Gu, Sabtu (2/9). Foto: Alan / www.tribunbuton.com
LABUNGKARI, tribunbuton.com - Wakil Bupati (Wabup) Buton Tengah (Buteng), La Ntau menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Buteng. Tahun ini Pemda Buteng belum dapat memberikan bantuan hewan kurban kepada semua warganya.
"Kami atas nama pemerintah daerah mohon maaf karena belum adanya bantuan hewan kurban, Insya Allah tahun depan pemda akan mengusahakannya," tuturnya saat memberikan sambutannya pada prosesi peyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di masjid Al- Iksan Kelurahan Watulea Kecamatan Gu, Sabtu (2/9).

Wabup Buteng pertama inipun menekankan kepada panitia kurban agar penyaluran hewan kurban ini betul-betul tepat sasaran. "Jangan seperti yang dulu-dulu ya. Pembagiannya duluan ke camat dulu setelah itu baru fakir miskin, kalau perlu di camat itu jangan dulu dibagi, yang fakir dulu dengan yang bekerja," tekan La Ntau sambil memberikan peringatan.

Di kesempatan yang sama, Ketua penyelenggara Kurban sekaligus Lurah Watulea La Ana mengatakan selama ini pembagian hewan kurban sesuai dengan apa yang telah di syariatkan oleh agama, dan selalu diutamakan fakir miskin karena itu merupakan tujuan utamanya.

"Insya Allah tepat sasaran, karena sampai sekarang belum ada yang mengeluh, bahwa mereka belum kebagian. Karena sebelum hari raya kurban ini kami sudah mulai mendata disetiap rumah mana yang layak dan yang tidak layak mendapatkan bantuan," tutur La Ana.

Ditambahkan, hewan kurban ini murni berasal dari swadaya masyarakat berjumlah 26 ekor sapi dan 4 ekor kambing dan akan disalurkan kepada fakir miskin yang sudah mendapatkan kupon.

"Sebanyak 400 jiwa khususnya kelurahan Watulea. jadi setelah dikumpulkan semua dan ditimbang, maka untuk fakir miskin bagiannya 3/4, yang kerja dan yang punya 1/4, jadi memang bagiannya fakir miskin ini tidak kami ganggu gugat," imbuhnya.(#)

Peliput: Alan
Telah dibaca 626 kali
Berita Terkait
Advertisement