Buton Tengah
15-03-2019  01:07
LP2T2N Buteng Ajak Pemkab Dukung Masyarakat di Bidang Pertanian dan Peternakan
Berbagi pengalaman Hidroponik pemanfaatan botol air mineral bekas.TRIBUN BUTON
LABUNGKARI, TRIBUN BUTON
LEMBAGA Pemerhati Pekarangan Tanaman Ternak dan Nelayan (LP2T2N) Buton Tengah mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng dan seluruh elemen pemangku kepentingan masyarkat, untuk mendukung dan melayani warga dibidang pertanian dan peternakan.

Hal ini diungkapkan Ketua LP2T2N Buteng Andy Nursin. Dan bukannya tanpa alasan, namun dorongan tersebut berasal dari antusias masyarakat Buton Tengah yang semakin tinggi untuk pengembangan usaha di bidang pertanian dan peternakan, dengan metode terbarukan yang sesuai dinamika perkembangan ilmu dan teknologi.

Apalagi, sebelumnya pihak LP2T2N Buteng sudah berhasil mengembangkan usaha pertanian sayur mayur dengan sistem Hidroponik dan Green House, di hampir seluruh desa se Kabupaten Buteng.

Lebih lanjut dikatakannya, antusias masyarakat yang sudah terbangun itu tentu akan membuahkan hasil kedepan, jika seluruh komponen terkait memberikan respon nyata dan sungguh-sungguh.

"Warga kita perlu ditemani dan diberikan perhatian dalam berbagai aspeknya, dibeberapa kesempatan kita selalu mendapati keluhan warga tentang trauma akan gagal atau matinya ayam kampung secara massal saat tingginya kemauan warga untuk beternak," kata Andy Nursin.

Menurutnya, ini merupakan salah satu kendala utama untuk menghambat kemajuan perekonomian masyarkat. Namun jika diberikan pendampingan maksimal sesuai standar beternak terhadap masyarakat, mulai dari pemberian vaksinasi teratur, kualitas pakan dan lain sebagainya, diyakini hal itu dapat memberikan dampak besar yang positif untuk usaha ternak dan pertanian di Kabupaten Buteng.

"Jika perangkat Pemda (Buteng) atau pejabat dibidang tehnisnya turun gunung jadi teladan dan pelaku serta memberikan contoh, maka semua akan mudah. Dan tentu suka dukanya dengan warga akan disikapi bersama," tutupnya.(A(drian)
Telah dibaca 115 kali
Berita Terkait
Advertisement